Home / Forum / Bulan Terlarang untuk Menikah versi Primbon Jawa

Bulan Terlarang untuk Menikah versi Primbon Jawa

Perempuan.comDear, bagi keturunan Jawa yang masih memegang teguh adat, salah satu hal yang tak kalah penting untuk dipertimbangkan dalam menentukan hari pernikahan adalah primbon. Ya, dalam adat Jawa, primbon memang seringkali menjadi dasar perhitungan untuk menentukan kapan baiknya sebuah aktivitas dimulai dan dilakukan.

Dengan mengikuti perhitungan primbon dengan baik, masyarakat Jawa kuno percaya aktivitas yang akan mereka jalani, termasuk pernikahan, akan berjalan dengan lancar nantinya, begitupun sebaliknya. Nah, berikut beberapa bulan terlarang untuk menikah ala Primbon Jawa dan maknanya:

1. Bulan Mulud

Bulan Mulud menjadi salah satu bulan yang wajib dihindari untuk menghelat sebuah prosesi pengikatan janji. Menurut primbon Jawa, ikatan janji yang dilakukan dalam bulan ini, baik dalam bentuk pertunangan maupun pernikahan, tak akan bertahan lama.

2. Bulan Suro

Bulan Suro termasuk ke dalam bulan yang sebaiknya dihindari untuk menghelat pernikahan menurut primbon Jawa. Primbon menyebutkan, pasangan yang menikah pada bulan ini akan banyak mengalami pertengkaran dan kerusakan dalam rumah tangga mereka.

3. Bulan Sapar

Bulan ini termasuk yang wajib dihindari oleh para pasangan berdasarkan primbon Jawa. Menikah pada bulan ini dipercaya membawa kesulitan finansial pada kehidupan rumah tangga pasangan.

4. Jumadil Awal

Meski termasuk diperbolehkan dalam primbon Jawa, sebaiknya bulan ini juga dihindari. Menurut kepercayaan Jawa, pasangan yang menikah pada bulan ini akan sering mengalami musibah berupa kehilangan dan memiliki banyak musuh.

Sebaliknya, menikah pada bulan Jumadil Akhir dipercaya akan mendatangkan berbagai berkah seperti limpahan kebahagiaan dan rezeki yang lancar.

Gimana, Dear? Percaya? (nits)

About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

eighteen + seventeen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.