Home / Forum / Memilih istri di ‘pasar pengantin’ Bulgaria

Memilih istri di ‘pasar pengantin’ Bulgaria

Reporter : Destriyana 

20150307160306-1-pasar-pengantin-002-destriyana
Pasar Pengantin. ©2015 Merdeka.com/DNES

Merdeka.com – Orang-orang Romani merupakan salah satu etnis minoritas terbesar di Bulgaria. Mereka memiliki tradisi pernikahan yang unik yang disebut pasar pengantin.

Diadakan empat kali dalam setahun – disesuaikan dengan hari besar berbagai keagamaan, “pasar”” menjadi kesempatan bagi keluarga miskin Romani untuk mengadakan pernikahan secara bersama-sama. Dengan begitu, mereka pun bisa melakukan penghematan terhadap biaya pernikahan anak-anak mereka.

Para keluarga biasanya akan berkumpul di kota Stara Zagora untuk merayakan pasar pengantin yang menjadi bagian dari tradisi 18.000 komunitas gipsi Roma yang dikenal sebagai Kalaidzhi.

20150307160306-1-pasar-pengantin-002-destriyana
Photo: DNES 

Pasar pengantin akan menjadi momen terbaik bagi para keluarga di komunitas gipsi tersebut untuk secara bersama-sama mengatur pernikahan anak-anak mereka. Dalam acara ini, para nenek akan mengenakan pakaian tradisional Kalaydzhii – yang berupa rok panjang, dan anak-anak akan dibiarkan bermain sambil makan gulali.

20150307160307-2-pasar-pengantin-001-destriyana
Photo: Ipernik 

Para calon pengantin biasanya berpakaian provokatif seperti memakai rok mini, perhiasan yang mencolok dan sepatu hak tinggi. Mereka menari bersama pelamar laki-laki mereka. Namun, beberapa keluarga Kalaydzhii tidak membiarkan anak perempuan mereka yang masih berusia 15 tahun dan sekolah untuk mengikuti acara ini.

Ketika seorang gadis dan pemuda terlihat kompak satu sama lain, kedua orang tua kemudian akan bernegosiasi. Biaya pernikahan di kalangan etnis Kalaidzhi biasanya mencapai antara 5.000 dan 10.000 leva (Rp 36 juta – Rp 72 juta).

20150307160309-3-pasar-pengantin-001-destriyana
Photo: Data.bg 

Tetapi dalam beberapa tahun terakhir, biaya pernikahan telah menurun karena kondisi finansial yang tidak stabil. Meski begitu, seorang wanita yang memiliki paras cantik dan banyak pria melamarnya, biasanya tetap akan memiliki nilai tawar tinggi.

Tradisi pasar pengantin ini telah dilakukan selama beberapa generasi. Acara ini awalnya diadakan di lapangan terbuka di samping pasar sapi di sebuah desa kecil di Bulgaria. Para pengantin akan berdiri di atas panggung, sedangkan pelamar mereka bersaing untuk mendapatkan tangan mereka. Namun tahun lalu, polisi memutuskan untuk memindahkan “pasar pengantin” ke kota untuk menghindari ketegangan dengan pedagang kuda.

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

seven − six =